MAKNA NILAI UANG UNTUK KEHIDUPAN




Makna nilai uang bagi kehidupan, kita tahu bahwa nilai uang RP. 100.000 sangat berharga. Meskipun uang tersebut diremas, dilempar, diinjak, hingga kotor, tentu uang tersebut masih dibutuhkan, masih berharga. Apa penyebabnya kira -kira ? Karena nilainya sangat berharga. begitu juga dengan manusia . Jika manusia itu di uji tidak boleh langsung ngedrop, rendah diri, patah jiwanya hanya karena diremehkan, hanya karena dijatuhkan, dihina oleh manusia lainnya. Siapa yang tahu nilai diri kita sendiri selain diri kita. lalu bagaimana agar kita bisa menjadi manusia yang bernilai, seperti uang RP. 100. 000, yang walaupun sudah, diremas, dilempar, diinjak, hingga kotor , tetap diinginkan oleh semua orang. karena nilainya bukan karena penampilannya . 

Ada tiga modal yang harus kita miliki , yaitu : 

1. Pengetahuan  

2. Keterampilan, 

3. Attitude atau sikap. 

Kenapa nomer satu itu adalah pengetahuan, karena dengan pengetahuanlah,  keterampilan, sikap atau karakter kita bisa dibentuk . Agar bisa punya pengetahuan yang maksimal maka gunakan semua indra kita,  penglihatan kita gunakan untuk membaca baik membaca buku, baik melihat sekitar agar itu bisa masuk ke dalam diri kita, tentunya semua hal yang baik-baik. Gunakan indra penciuman kita dengan baik, untuk mendapatkan pengalaman yang terbaik, karena belajar itu tidak selalu hanya menggunakan indra penglihatan, dicium, dihirup, disentuh, diraba, didengarkan, dikecap, misal ada makanan didepan kita, dicicipi terlebih dahulu. 

Semua itu adalah proses kita untuk mendapatkan pengetahuan dengan sungguh - sungguh. kita nikmati semua penca indra kita miliki untuk menangkap pengetahuan dari pengalaman - pengalaman kita sebagai pelajaran hidup, wawasan. Sehingga kita menjadi tahu, dan paham. 

Setelah itu baru kita masuk ke level kedua yaitu menguasai keterampilan. Keterampilan apa saja yang harus kita kuasai , ada tiga, 1. ada Hard skill  2. life skill dan yang ke 3 soft skill. 

Yang ke tiga adalah attitude, dan ini adalah kunci , karena kalau nilai 100 ini satu 0 0 maka angka satunya ada di yang terakhir, yaitu sikap attitude, karena tanpa attitude/sikap  yang bagus tanpa karakter yang bagus maka pengetahuan dan keterampilan nilainya akan 0. Semua pengetahuan, semua keterampilan hidup itu harus diikat oleh attitude sehingga bisa bernilai sempurna.  

Komentar